Minggu, 23 September 2012

SEANDAINYA AL-QUR'AN TURUN DI JAWA


Seandainya Al-Qur’an turun misalnya di Jawa, maka tentu saja ia menggunakan bahasa Jawa. Bukan hanya berbahasa Jawa. Tapi Isi Al-Quran juga akan mencerminkan budaya Jawa. Inilah salah satu ide pribumisasi Islam yang salah satu asasnya adalah Al-Qur’an merupakan produk sejarah dimana ia akan menyesuaikan dengan setiap budaya dimana ia diturunkan. Pengandaian ini secara otomatis menuduh bahwa turunnya al-Quran di Arab seolah-olah hanya faktor kebetulan dimana daerah lain juga sah-sah saja sebagai tempat turunnya Al-Quran.
      Hal ini tentu mustahil untuk sesuatu yang dikerjakan Allah. Manusia saja punya alasan dalam setiap yang ia lakukan. Apalagi Allah. Pilihan Arab sebagai turunnya Al-Qur’an adalah sebuah pilihan dengan argumentasi yang sangat matang dari Allah dengan segenap prediksi sosio-historisnya yang sama sekali tak mengecilkan universalitas Islam. Dengan demikian tak ada lagi istilah pengandaian seperti di atas.
      Pilihan Arab sebagai bahasa Al-Qur’an semestinya tidak menimbulkan kecemburuan sehingga membuat setumpuk argumentasi untuk mendekonstruksinya dengan alasan lokalitas dan sebagainya. Padahal kita begitu semangat mempelajari bahasa Inggris dan mengagungkannya hanya karena ia ditentukan oleh para kapital sebagai bahasa internasional. Ini bahasa Arab malah pilihan Tuhan! Bagaimana kita menomorduakan pilianNya di bawah pilihan manusia?                                                                                                                                                              5 April 2007



Tidak ada komentar: